Table of Contents
Marketing Mix 7P Ide Strategi Pemasaran Untuk Keberhasilan Bisnis Anda
Apakah itu Marketing Mix? Marketing Mix atau bauran marketing ialah taktik marketing yang bisa tentukan keberhasilan perusahaan dalam memburu keuntungan atau keuntungan optimal. Taktik ini memakai semua alat marketing di perusahaan yang dikenali dengan ide marketing mix 7P, yakni products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.
Ide ini tentu saja berlainan dengan taktik marketing 4P yang cuman mempunyai empat ide, yakni product, place, price, dan promotion.
Pada marketing mix 4P, empat ide yang dipakai berkesan product oriented saja.

Pemahaman Marketing Mix
Tiap usaha pasti memakai taktik marketing untuk mempromokan dan jual tugas mereka, tapi istilah “marketing mix” baru dibuat pada tengah era ke-20.
Dalam pidato tahun 1953 ke American Marketing Association, seorang profesor Harvard dan ahli marketing Neil Bordon merinci mengenai apakah itu marketing mix dan bagaimana pemasar bisa meningkatkan dan melakukan gagasan marketing yang sukses.
Usaha bisa mengenali dan atur elemen dari marketing mix hingga memungkinkannya usaha untuk membikin keputusan marketing yang memberikan keuntungan. Keputusan ini menolong usaha untuk:
Tingkatkan keunggulan dan menangani kekurangan
Jadi lebih bersaing dan gampang menyesuaikan di pasarnya
Tingkatkan kerjasama yang memberikan keuntungan di antara departemen dan partner
Semenjak tahun 1950-an, beberapa unsur marketing mix sudah alami beragam alih bentuk sebagai respon pada teknologi baru dan peralihan lain dalam praktek marketing terbaik.
Ide Marketing Mix 7P
Untuk menolong Anda ketahui lebih detil, berikut ialah ide marketing mix 7P yang hendak diuraikan selengkapnya:
1. Produk (Products)
Berdasar teori, produk sebagai semua wujud hasil usaha yang dijajakan ke pasar untuk dipakai atau dimakan hingga dapat penuhi keperluan dan kemauan warga.
Bila Anda ingin sukses jalankan taktik marketing mix, Anda harus bisa membuat dan hasilkan produk atau jasa dengan kualitas dan kekhasan tertentu.
Dengan demikian, produk atau jasa Anda secara automatis bisa tingkatkan daya saing di pasar.
Produk mempunyai dua elemen yang penting jadi perhatian yakni kualitas dan visual.
Anda harus pastikan kualitas dari produk Anda secara baik, disamping itu customer harus juga berasa memerlukan untuk beli produk atau jasa Anda tidak sekedar hanya tertarik.
Langkah gampang yang bisa Anda kerjakan yakni dengan lakukan penelitian kecil ke sasaran pasar.
Penelitian yang sudah dilakukan pada taktik marketing mix bisa meliputi info tanggapan pasar, kemauan customer, dan lain-lain.
Lewat info yang kita bisa dari penelitian, kita bisa memperbandingkan produk/jasa Anda dengan pesaing, ketahui kekurangan dan kelebihan produk Anda.
Kemudian, Anda bisa lakukan penilaian untuk tingkatkan kualitas produk dan jasa Anda, mencocokan produk dengan kemauan dan keperluan customer, dan memberi deskripsi prospect produk di masa mendatang.
2. Harga (Price)
Harga yang diartikan ialah beberapa uang yang perlu dibayarkan oleh pemakai atau client Anda untuk memperoleh produk yang Anda pasarkan.
Dalam kata lain, seorang akan memakai jasa atau beli produk yang Anda pasarkan, bila pengorbanan yang dikeluarkan (yakni uang dan waktu) sesuai faedah yang dia ingin peroleh dari produk atau jasa yang ditawari oleh perusahaan itu.
Berkaitan point ini, konsentrasi Anda ialah bagaimana triknya agar membuat konsumen setia atau calon konsumen prospektif berasa pengeluarannya sesuai apa yang ia bisa.
Dengan demikian taktik marketing mix semakin lebih maksimal.
Dalam tentukan harga dari produk, Anda harus hitungnya berdasar dengan ongkos produksi, modal, dan tambah keuntungan beberapa %.
Nilai jual harus sesuai harga pasar, tidak begitu tinggi dan tidak terlampau rendah.
Ini untuk menahan berlangsungnya kemunduran tentu saja.
Bila Anda ingin jual pada harga yang semakin tinggi, beri ketidaksamaan yang menonjol dibanding pesaing Anda, seperti kualitas, variasi.
Hingga customer berasa “worth it” pada harga dari produk.
3. Tempat (Place)
Ide ini fokus pada tempat atau lokasi di mana perusahaan Anda berdiri.
Di mana, makin vital tempat usaha Anda, makin besar keuntungan yang hendak didapat perusahaan.
Dengan lokasi yang vital, customer atau calon konsumen setia dapat gampang mendapati dan mencapai usaha Anda, hingga transaksi bisnis pemasaran lebih gampang terjadi.
Bagaimanakah cara tentukan lokasi yang pas?
Hal yang bisa Anda kerjakan ialah cari dan tentukan lokasi pemasaran yang sesuai sasaran pasar Anda, apa itu untuk kelompok bottom, middle, atau up.

4. Promo (Promotions)
Taktik marketing mix ini fokus pada permasalahan promo usaha, seperti bagaimanakah cara pasarkan produk, media apa yang dipakai, dan lain-lain.
Promo sebagai salah satunya taktik marketing yang mempunyai arah, diantaranya:
Mengenali dan menarik customer baru.
Mengkomunikasikan produk baru.
Tingkatkan jumlah customer untuk produk yang sudah dikenali secara luas.
Memberitahukan ke customer mengenai kenaikan kualitas produk.
Ajak customer untuk bertandang ke tempat pemasaran produk.
Berikan motivasi customer supaya pilih atau beli satu produk.
Pada intinya, promo sebagai kegiatan penebaran info yang memiliki sifat merayu, memengaruhi dan mengingati pasar jika produk Anda siap dipasarkan dan dibeli oleh mereka.
Salah satunya yang bisa Anda kerjakan dengan memasangkan iklan.
Iklan bisa dilaksanakan lewat beberapa media seperti media massa, electronic, edaran, banner, media sosial.
Pada jaman digital seperti saat ini, taktik marketing dengan promo sangat gampang karena banyak sosial media yang hendak benar-benar menolong Anda.
5. Orang (People)
SDM sebagai bagian utama dalam taktik marketing mix. Factor sumber daya manusia benar-benar tentukan maju atau tidak sebuah perusahaan.
Tidak bisa kita sangkal jika factor ini berperanan penting saat membuat satu perkembangan atau bahkan juga kemerosotan dari satu perusahaan.
Berikut kenapa beragam perusahaan berlomba untuk cari calon karyawan terbaik, mereka bahkan juga ikhlas bayar lebih buat sewa faksi pencari pekerjaan mandiri yang telah pakar dalam menemukan calon karyawan untuk perusahaan.
Beberapa pertanyaan berkaitan, apa pegawai itu mempunyai performnce tinggi atau kebalikannya, apa pegawai itu setia atau kebalikannya, apa pegawai itu sanggup layani customer secara baik atau kebalikannya akan turut menolong keberhasilan sebuah perusahaan jasa di pasar.
Aspek khusus lainnnya dalam SDM ialah attitude dan motivasi dari pegawai dalam industri jasa.
Attitude bisa diterapkan dalam bermacam-macam, seperti performa pegawai, suara dalam berbicara, bodi language, air muka, dan bicara. Dan motivasi akan tentukan sepanjang apa pegawai ingin atau menyenangi tugas yang hendak dilaksanakan.
6. Proses (Process)
Proses di sini meliputi bagaimanakah cara perusahaan layani keinginan setiap customernya, dimulai dari customer pesan (order) sampai pada akhirnya mereka memperoleh apa yang mereka harapkan.
Beberapa perusahaan tertentu umumnya mempunyai langkah yang unik atau khusus dalam layani customernya.
Seperti pada sebuah restaurant, ada banyak restaurant yang memberi sarana “open kitchen”, di mana customer dapat menyaksikan setiap proses pembikinan makanan yang mereka pesan.
Langkah servis semacam ini adalah contoh implementasi taktik marketing mix di suatu usaha kulineran.
7. Penampilan Fisik (Physical Evidence)
Penampilan fisik tempat usaha akan menerangkan bagaimana pengaturan bangunan dari satu perusahaan. Apa perusahaan memakai interior yang unik, lightning sistem yang memikat, design ruang yang memikat perhatian, dan lain-lain.
Perusahaan pasti mengetahui jika pengaturan bangunan pada sebuah perusahaan pasti mempengaruhi suasana hati pengunjung.
Design interior yang berkesan amburadul pasti membuat customer berasa cukup sedikit tidak nyaman dengan kondisi di perusahaan itu.
Bangunan harus bisa membuat situasi yang membahagiakan, hingga memberi pengalaman ke pengunjung dan bisa memberi nilai lebih.
Elemen visual sangat penting dalam taktik marketing mix.
Ringkasan
Untuk merealisasikan semua taktik marketing mix (7P) di atas, tentu saja diperlukan rencana pendanaan yang bagus dan terkonsep.
Kemajuan teknologi sudah sangat canggih, anda bisa gunakan Jurnal sebagai software perusahaan jasa, dagang, retail, F&B, dan beragam industri yang lain untuk mengurus keuangan dan akuntansi usaha.
Dengan beberapa fiturnya, Jurnal akan menolong usaha Anda untuk mempunyai penghitungan keuangan yang pas untuk semuanya keperluan pendanaan usaha.